Thursday, October 30, 2008

Cilacap dan PLTU nya ( 4 )

Feedwater dan De-aeration.


Istilah Feedwater disini adalah air yang dimasukan ke dalam Boiler untuk dipanaskan dan di ubah menjadi uap. Feedwater yang digunakan dalam Boiler ( steam boiler ) adalah alat untuk mentransfer energi panas dari bahan bakar yang dibakar menjadi energi mekanis putaran turbin uap ( steam turbine ). Jumlah Feedwater yang masuk kedalam Boiler merupakan jumlah kondensat air ( uap dari Boiler yang didinginkan lagi ) yang disirkulasikan di tambah air murni ( de-mineralisasi ) atau biasa disebut purified makeup water. Tambahan Makeup water diperlukan karena pada saat menjadi uap dan digunakan untuk memutar turbin dan kemudian didinginkan kembali jumlah air kondensat menjadi berkurang. Dan untuk menghindari korosi corrosion pada suhu dan tekanan tinggi pada permukaan pipa maupun material dalam sistem boiler dan turbin yang terbuat dari bahan besi / metal, makeup water harus dimurnikan ( purified ) sebelum digunakan. Sistem penetralan air ( water softeners ) dan demineralisasi ( ion exchange demineralizers ) menghasilkan air dengan tingkat kemurnian yang tinggi hingga menjadi insulator ( electrical insulator ), dengan daya hantar ( conductivity ) berkisar 0.3–1.0 microsiemens per centimeter. Kebutuhan makeup water dalam PLTU 500 MW berjumlah lebih kurang 20 US gallons per minute (1.25 L/s) untuk menggantikan air yang hilang selama proses penguapan.
Siklus feedwater dimulai dari air kondensate yang dipompa keluar dari sistem pendingin ( condenser ) setelah melalui turbin uap. Kecepatan alir dari air kondensate ini pada PLTU 500 MW berkisar 6,000 US gallons per minute (0.38 m³/s).
Air kondensat dan makeup water mengalir melalui pemanas feedwater ( feedwater heaters ) dan deaerator . Deaerator ini berfungsi melepas udara ( O2 ) dari air. Hal ini diperlukan sebagai kelanjutan proses purifikasi air dan menurunkan sifat korosifnya.

No comments:

Post a Comment