Thursday, October 30, 2008

Cilacap dan PLTU nya ( 1 )


Pembangkit Listrik Tenaga Uap ( PLTU ) Cilacap ( Tjilatjap )
Dengan Bahan Bakar Batu Bara
Fossil fuel power plant
Dirujuk dari beberapa sumber
.


Dalam hitungan tiga tahun ke depan Cilacap akan memiliki 2 PLTU. Yang pertama adalah PLTU Cilacap 2 x 300 MW di daerah Karangkandri dan PLTU Adipala di wilayah Adipala. PLTU Cilacap 2 x 300 MW ini telah beroperasi dan menyumbangkan energi listrik ke dalam jaringan interkoneksi Jawa Bali. Sedang PLTU Adipala atau yang dikenal sebagai PLTU Jateng 2 berlokasi di Desa Bunton Kecamatan Adipala tersebut akan dibangun dengan kapasitas 1x600 MW dengan nilai keseluruhan sekitar 550 juta dólar US. Kedua PLTU tersebut menggunakan peralatan utama yang di produksi di Cina.
Menilik lokasi kedua PLTU tersebut dapat dikatakan berdekatan. Keduanya berdiri di garis pantai Telukpenyu. PLTU Cilacap ( Karangkandri ) di sebelah kanan Muara Sungai Serayu sedang PLTU Adipala akan berada di sebelah kiri Muara Sungai Serayu. Kelak pengunjung pantai Telukpenyu kota Cilacap akan melihat dua PLTU dengan masing – masing satu cerobong asap ( Chimney / Flue Gas Stack ).
Apakah PLTU itu ? Beberapa posting tulisan ini akan sedikit membantu masyarakat terutama para pelajar dan mahasiswa Cilacap untuk memahami apakah PLTU dan bagaimana prosesnya serta dampak – dampaknya yang mungkin terjadi bagi kabupaten Cilacap dan kota Cilacap pada khususnya.

No comments:

Post a Comment